Mengenai Saya

Foto saya
Shio : Macan. Tenaga Specialist Surveillance Detection Team di Kedutaan Besar. Trainer Surveillance Detection Team di Kedutaan Besar Negara Asing. Pengajar part time masalah Surveillance Detection, observation techniques, Area and building Analysis, Traveling Analysis, Hostile surveillance Detection analysis di beberapa Kedutaan besar negara Asing, Hotel, Perusahaan Security. Bersedia bekerja sama dalam pelatihan surveillance Detection Team.. Business Intelligence and Security Intelligence Indonesia Private Investigator and Indonesia Private Detective service.. Membuat beberapa buku pegangan tentang Surveilance Detection dan Buku Kamus Mini Sureveillance Detection Inggris-Indonesia. Indonesia - Inggris. Member of Indonesian Citizen Reporter Association.

Minggu, 26 Agustus 2012

PANGARIBUAN - HUTAPEA, Bersaudara....


SILSILAH ATAU TAROMBO

1.SI RAJA BATAK mempunyai 3 putra, yaitu :
2.1.GURU TATEA BULAN. 2.2.RAJA ISOMBAON.
2.3.TOGA LAUT
Raja Isombaon memiliki 3 Putra, yaitu :
3.1.TUAN SORIMANGARAJA
3.2.RAJA ASI ASI (TUNGGUL NI AJI)
3.3.SANGKAR SOMALINDANG
Tuan Sorimangaraja memiliki 3 putra, yaitu :
4.1.TUAN SORBADIJULU (DATU RONGGUR)
4.2.TUAN SORBADIJAE (NAIRASAON)
4.3.TUAN SORBADIBANUA (NAISUANON)
Tuan Sorbadibanua memiliki 8 Putra, yaitu :
5.1.SIBAGOT NI POHAN
5.2.SIPAETTUA
5.3.SILAHI SABUNGAN
5.4.SIRAJA OLOAN
5.5.SIRAJA HUTALIMA
5.6.SIRAJA SUMBA (TOGA SUMBA)
5.7.SIRAJA SOBU (TOGA SOBU)
5.8.TOGA NAI POSPOS
SIPAETTUA berpisah dengan saudara saudaranya, mencari tempat tinggal baru ke arah tepian Danau Toba.
SIPAETTUA memiliki tiga orang putra yaitu :
1. PANGULU PONGGOK memiliki keturunan :
(Radja Hutahayan,Radja Aruan,Radja Hutajulu)
2. SIPARTANO memiliki keturunan : (Sibarani,Sibuea,Sarumpaet)
3. PURAJALAGUBOTI (Pardundang/Paronan Nagodang) memiliki keturunan (Pangaribuan, Hutapea)

PARDUNDANG adalah nama
PURAJA LAGUBOTI .Ia seorang pekerja keras , ulet dan sabar.Setelah usia dewasa ,Ia menikah dengan gadis desa yang cantik dan baik hati pujaan hatinya yaitu Putri Radja Pasaribu. Ia bekerja sebagai saudagar antar daerah. Setiap ada Pokkan di daerah Toba, Ia sudah memiliki lapak disana, sehingga orang-orang menyebutnya PARONAN NA GODANG. Berkat kerja kerasnya, Ia mendapat hasil yang baik sebab ia diberkati Tuhan. Dan PURAJA LAGUBOTI menjadi kaya,bahkan kian lama kian kaya,sehinga ia menjadi sangat kaya dan orang paling kaya di Toba. Semua tanah di kecamatan Laguboti adalah miliknya. sehingga orang menyebutnya (PURAJA LAGUBOTI )
Adapun istri PURAJA LAGUBOTI (
boru Pasaribu) sudah lama tidak punya anak. Berkatalah (boru Pasaribu) kepada PURAJA LAGUBOTI:"Engkau tahu, Tuhan tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu, baiklah engkau menikah lagi , mungkin oleh dialah aku memperoleh seorang anak.supaya ada ahli waris kita ”.
Jawab
Puraja Laguboti : “Aku setuju, kalau hal itu kau pandang baik.Tetapi engkau harus janji, jika kelak dia melahirkan anak , engkau harus anggap itu sebagai anak kandung mu sendiri”. Dan jika kelak engkau melahirkan anak, maka anak yang engkau lahirkan menjadi anak yang sulung”. Boru Pasaribupun menyanggupinya.
Disuatu desa , Puraja Laguboti jatuh hati kepada seorang gadis cantik dan baik hati yaitu (Putri Radja Sitorus). Ia pun menikahinya,Lalu mengandunglah (boru Sitorus), lalu melahirkan seorang anak dan di beri nama HUTAPEA.
Setelah HUTAPEA lahir, boru Pasaribu menepati janjinya, mengasuh dan merawat Hutapea sebagai anak kandungnya sendiri.
Beberapa tahun kemudian, (boru Pasaribu) hamil, lalu melahirkan seorang anak dan di beri nama PANGARIBUAN. Boru Sitorus mengasuh dan merawat PANGARIBUAN dengan penuh kasih sayang seperti anaknya sendiri.
Setelah (boru Pasaribu) melahirkan seorang anak,PURAJALAGUBOTI pun menepati janjinya kepada (boru Pasaribu).Berkatalah Puraja Laguboti kepada ke dua istrinya : "Hai istriku, walaupun HUTAPEA lebih dulu lahir, tetapi PANGARIBUAN lah anak yang sulung. Karena PANGARIBUAN lahir dari istri pertama”. Lalu PURAJA LAGUBOTI mengucapkan umpasa sbb : "SEAK-SEAK PANGGARUNGAN, HUTAPEA PANGARIBUAN”.

Sejak hari itu hingga saat ini, HUTAPEA panggil hahadoli ( ABANG) kepada PANGARIBUAN.

KAMUS :
SEAK SEAK adalah tempurung atau batok kelapa.
PANGGARUNGAN adalah tempat minum orang Batak jaman dahulu,sebelum bangsa Cina memproduksi mangkok yang terbuat dari keramik ataupun gelas.
Sumber : Grup Purajalaguboti sedunia...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, masukan yang sifatnya membangun blog ini.

Cari Blog Ini