Mengenai Saya

Foto saya
Shio : Macan. Tenaga Specialist Surveillance Detection Team di Kedutaan Besar. Trainer Surveillance Detection Team di Kedutaan Besar Negara Asing. Pengajar part time masalah Surveillance Detection, observation techniques, Area and building Analysis, Traveling Analysis, Hostile surveillance Detection analysis di beberapa Kedutaan besar negara Asing, Hotel, Perusahaan Security. Bersedia bekerja sama dalam pelatihan surveillance Detection Team.. Business Intelligence and Security Intelligence Indonesia Private Investigator and Indonesia Private Detective service.. Membuat beberapa buku pegangan tentang Surveilance Detection dan Buku Kamus Mini Sureveillance Detection Inggris-Indonesia. Indonesia - Inggris. Member of Indonesian Citizen Reporter Association.

Kamis, 07 Agustus 2014

Cara ISIS Menyebarkan Ideologinya di Masjid


Cara ISIS Menyebarkan Ideologinya di Masjid  
Seorang warga menonton video deklarasi dukungan kelompok ISIS di Mesjid Ridha Makassar, Sulawesi Selatan, 6 Agustus 2014. Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ini telah mendapat dukungan dari sebagian jemaah di Makassar pada 8 Juni 2014 lalu. TEMPO/Iqbal Lubis
TEMPO.CO, Bekasi - Ketua Komunitas Intelijen Daerah Kota Bekasi Maryono mengatakan ideologi kelompok Islamic State of Iraq and Syam/Islamic State (ISIS/IS) diduga sudah menyebar ke delapan masjid di Kota Bekasi. Caranya, pertama dengan mempengaruhi pengurus dewan kemakmuran masjid (DKM) terlebih dahulu. (Baca: Isu ISIS Bom Jakarta, Polda: Itu Hoax)

Ketika sudah berhasil, baru kelompok tersebut membuat kegiatan, misalnya bedah buku tentang ideologinya. "Selanjutnya meminta jadwal menjadi imam dan khotib salat Jumat," ujar Maryono kepada Tempo, Rabu, 6 Agustus 2014. (Baca: Enam Wilayah Indonesia Waspada Penyebaran ISIS)

Apabila sudah 'menguasai' masjid, pengurus DKM lama bakal diganti dengan kelompoknya, seperti yang terjadi di Masjid Muhammad Ramadhan. "Mereka bisa mengatasnamakan KUIB (Komite Umat Islam Bekasi), Kilafah Ibrahim," kata dia. "Orangnya sama itu-itu juga." (Baca: Pemerintah Blokir 27 Video ISIS di Internet)

Selanjutnya: Mengkafirkan orang lain

Ia mengatakan ciri-ciri khusus dari kelompok itu menolak menjadi makmum salat, jika yang menjadi imam masyarakat di luar kelompoknya. "Karena orang lain dianggap kafir," kata dia. "Mereka juga tidak bergaul dengan masyarakat umum," kata Maryono. (Baca: Empat Langkah Kabupaten Malang Antisipasi ISIS)

Karena itu, dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan deteksi dini setiap pergerakan mereka. Pasalnya, jika ISIS subur dan diterima masyarakat khususnya di Kota Bekasi akan sangat membahayakan generasi muda sebagai penerus bangsa sehingga harus dihentikan. (Baca: Pendukung ISIS Bantah Isu Makar)

"ISIS ini bagaikan virus yang setiap menit mencari sasaran baru untuk menjadi anggotanya," ia menambahkan. Pihaknya bakal mengumpulkan seluruh DKM masjid di Kota Bekasi untuk diberikan arahan. Sehingga, jika ada orang asing yang mencurigakan untuk melakukan kegiatan segera mungkin melapor.

ADI WARSONO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, masukan yang sifatnya membangun blog ini.

Cari Blog Ini