ISI
MANUAL SOP
Adapun panduan sederhana untuk membuat SOP jasa Satuan Pengamanan adalah :
- Persetujuan
Persetujuan disini dapat disesuaikan dengan kondisi setiap Perusahaan. Siapa saja yang harus menandatangani SOP tersebut. - Tujuan
Untuk kepentingan apa SOP ini disiapkan - Definisi
Karena SOP ini bersifat umum bagi semua orang, maka definisi menjadi hal penting yang perlu distandarisasi. Semua pembaca SOP diharapkan memiliki satu pengertian yang sama untuk sebuah istilah yang ada dalam SOP tersebut. - Kebijakan
Aturan main untuk sebuah system juga perlu disiapkan untuk kelancaran pelaksanaan SOP tersebut. - Penjelasan Prosedur
Yang dimaksud penjelasan disini bisa dituangkan dalam beberapa macam bentuk, ada dalam bentuk chart atau gambar, narasi, juklak (intruksi kerja sederhana). Hal ini bertujuan agar mengakomodasi semua kebutuhan pembaca SOP tersebut. - Lampiran
Dapat juga diberikan lampiran yang berisi semua hal yang berhubungan dengan SOP tersebut, misalnya: contoh formulir, contoh laporan, dan sebagainya.
TAHAPAN
PEMBUATAN SOP
Apa saja yang perlu disiapkan dalam proses pembuatan
sebuah SOP. Tahapan umum yang harus diperhatikan adalah :
- Bisnis Usaha
Pelajari dahulu apa bisnis usaha perusahaan yang akan Kita buat SOP-nya. Cari informasi sejelas dan selengkap mungkin. - Survei
Lakukan survei lokasi yang akan disiapkan system-nya. Lakukan juga interview bila diperlukan. - Daftar Kebutuhan
List semua peralatan, hardware dan software (bila ada), dan kebutuhan lainnya yang diperlukan. - Cost
Hitung biaya yang akan dikeluarkan untuk setiap kemungkinan system yang akan dijalankan - Pilih System terbaik yang akan
dikembangkan
Pemilihan dilakukan atas semua pertimbangan yang ada dari team pembuat SOP sendiri dan diputuskan oleh pimpinan perusahaan. - Draft SOP
Siapkan dan susun draft SOP, lakukan pembahasan dengan team terkait, lakukan presentasi bila diperlukan. Penyiapan draft ini didalamnya berisikan isi manual SOP seperti yang sudah dibahas di atas, termasuk testing (trial and error). - Persetujuan
Mintakan persetujuan SOP yang dibuat sebelum diaplikasikan.
IMPLEMENTASI
SOP
SOP yang sudah mendapat persetujuan perlu dilakukan
implementasi. Berikan arahan kepada pelaksana bagaimana mengimplementasikan
system tersebut. Pelaksanaan implementasi ini perlu didampingi oleh Team
pembuat SOP.
REVIEW
SOP
Sebuah
SOP baru yang sudah dilakukan proses implementasi perlu dilakukan review atas
SOP tersebut minimal 1 (satu) tahun atau pun kurang setelah SOP tersebut
diimplementasikan. Hal ini penting sekali mengingat system yang baru dicoba
terkadang timbul permasalahan baru yang tidak Kita prediksi sebelumnya dan
harus dengan cepat pula Kita selesaikan agar tidak menggangu operasional
perusahaan.
SUKSES
PENERAPAN SOP
Kesuksesan Perusahaan dalam mengaplikasian SOP
dipengaruhi oleh beberapa aspek, diantaranya :
- Support
Semua Departemen
Karena SOP umumnya banyak aktivitas yang lintas Departemen, maka seharusnya setiap Kepala Departemen men-support penerapan SOP ini di Departemennya masing-masing. Meberikan pengarahan dan intruksi kepada bawahannya untuk pengaplikasian SOP.
- Komitment
Pimpinan Perusahaan
Karena SOP ini produk bersama yang disusun melibatkan seluruh lapisan golongan dalam Perusahaan dan disetujui oleh para Pimpinan Perusahaan maka komitment para Pimpinan di Perusahaan untuk tetap menjaga kelangsungan SOP Perusahaan sangatlah penting dan menjadi kunci utama keberhasilan penerapan SOP. SOP dibuat untuk dijalankan bersama dan tidak ada perlakukan spesial untuk karyawan tertentu untuk tidak menjalankannya. Bila hal tersebut terjadi maka akan dimasukan dalam hal pengecualian yang diatur pula pelaksanaanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberikan komentar, masukan yang sifatnya membangun blog ini.