Mengenai Saya

Foto saya
Shio : Macan. Tenaga Specialist Surveillance Detection Team di Kedutaan Besar. Trainer Surveillance Detection Team di Kedutaan Besar Negara Asing. Pengajar part time masalah Surveillance Detection, observation techniques, Area and building Analysis, Traveling Analysis, Hostile surveillance Detection analysis di beberapa Kedutaan besar negara Asing, Hotel, Perusahaan Security. Bersedia bekerja sama dalam pelatihan surveillance Detection Team.. Business Intelligence and Security Intelligence Indonesia Private Investigator and Indonesia Private Detective service.. Membuat beberapa buku pegangan tentang Surveilance Detection dan Buku Kamus Mini Sureveillance Detection Inggris-Indonesia. Indonesia - Inggris. Member of Indonesian Citizen Reporter Association.

Selasa, 29 Januari 2013

Kabupaten Katingan - Kalimantan Tengah

Profile Bupati (Drs. Duwel Rawing)

bpt-thumbNama : Drs. Duwel Rawing
Motto : Concern dengan pembangunan bidang pendidikan

Jika Drs. Duwel Rawing, Bupati Kabupaten Katingan untuk periode 2008 -2013 ditanya mengapa beliau memfokuskan pembangunan pendidikan, maka beliau dengan antusias akan meberikan jawaban bahwa investasi di bidang pendidikan merupakan investasi dasar dan berjangka-panjang untuk pemberdayaan dan pembangunan Katingan. Suatu upaya menyiapkan rakyat Katingan dalam menghadapi perkembangan dan perobahan. Dengan kata lain, pembangunan SDM adalah mutlak diperlukan guna menyiapkan Kabupaten Katingan dalam menyongsong dan menghadapi tantangan pembangunan di masa yang akan datang.
    Tidak tanggung-tanggung, dalam upayanya untuk meningkatkan pendidikan ini, pemerintah Kabupaten Katingan tidak hanya menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan dari mulai jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA, serta perguruan tinggi saja, akan tetapi  juga membantu Mahasiswa-mahasiswi Katingan yang jumlahnya ratusan orang yang tengah belajar di berbagai kota seperti Yogyakarta, Jakarta, Malang dan Bogor, terutama untuk masalah pemondokan mereka. Selain itu, Pemeritah Kabupaten Katingan juga mengirimkan lulusan-lulusan SMA tebaik ke berbagai perguruan tinggi seperti ITB Bandung dan IPB Bogor. Kedepan, diharapkan dengan  tersedianya SDM yang berkualitas maka proses pembangunan di Kabupaten Katingan dapat terakselerasi sehingga cita-cita terwujudnya kesejahteraan masyarakat katingan dapat terealisir.
    Drs. Duwel Rawing lahir di Tumbang Terusan pada 25 Juli 1950. Karir beliau di pemerintahan diawali dengan menjabat sebagai Staf Biro Umum Kantor Gubernur KDH Tingkat I Kalteng  di Palangka Raya (1974 – 1979). Setelah itu, beliau menjabat sebagai Staf Itwilprop Dati I Kalteng di Palangka Raya (1980 – 1982). Tahun 1982 – 1985, beliau  mendapatkan Tugas Belajar pada IIP Jakarta. Sekembalinya dari tugas belajar, beliau kemudian berturut-turut menjabat sebagai Camat Tewang Sanggalang Garing (1985 – 1993), Kabid Pendataan dan Pelaporan Bappeda Kaltim (1993 – 1999) di Sampit,  Sekertaris Bappeda (1999 – 1999) di Sampit, Asisten Tata Praja Setda Kabupaten Kotim (1999 – 2002) di Sampit, Plt Sekda Kabupaten Kotawaringin Timur  (2001 – 2002) di Sampit, Plt Kepala Dinas Ketertiban dan Kesatuan Bangsa (2001 – 2002)di Sampit dan akhirnya beliau dipercaya menduduki jabatan sebagai PJ Bupati Katingan (2002 – 2003) di Kasongan.
    Tahun 2003, dalam pemilihan Bupati Katingan untuk masa jabatan 2003 – 2008, beliau akhirnya secara definitif terpilih menjadi Bupati Katingan. Berkat keberhasilan Drs. Duwel Rawing dalam melaksanakan program pembangunan di Kabupaten Katingan, akhirnya dalam pemilihan Bupati untuk masa jabatan 2008 -2013, beliau terpilih kembali untuk mempimpin Kabupaten Katingan yang dijabatnya hingga saat ini.
    Selain masalah pendidikan, masalah investasi juga menjadi fokus beliau di dalam pembangunan perekonomian di Kabuapten Katingan. Ini bias dipahami mengingat kekayaan Sumber Daya Alam di Kabupaten Katingan hingga saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal untuk pembangunan. Diharapkan dengan masuknya investasi, pemanfaatan dan pengelolaan SDA di Kabupaten ini akan semakin optimal sehingga pada gilirannya akan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah yang akan membawa serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 

Profile Sekda (Ir. Christantwo Tatel Ladju, MM)

Nama : Ir. CHRISTANTWO TATEL LADJU, MM Motto : Hidup senang dan berarti bagi orang lain

    Sejak masih kecil, kemampuan serta bakat kepemimpinannya, sudah terlihat, dimana Christantwo Tatel Ladju sangat disenangi dan dikagumi oleh teman-teman sepermainannya.
    Suami dari Evi Kahayanti selaku anggota DPRD Kabupaten Katingan ini,  sejak kecil dibimbing oleh ajaran Kristiani yang taat beribadah. Hal ini terlihat dari perilakunya di masyarakat. Integritas pribadinya diakui sangat ramah dan bersahaja dan inilah yang membuatnya dekat dengan lapisan masyarakat.
    Christantwo Tatel Ladju, pria kelahiran Palangka Raya tanggal 3 Februari 1961, setelah lulus dari SDN – 1 Palangka Raya tahun 1973 melanjutkan pendidikannya ke SMPN – 1 tahun 1976 dan melanjutkan pendidikannya ke SLTA pada tahun 1976 dengan jurusan A1.dan kemudian memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang S1 Fakultas Perikanan Unlam dari tahun 1985 di Banjar Masin. dan selanjutnya ke S2  Di STIE IPWI Jakarta pada Tahun 2000.
    CHRISTANTWO TATEL LADJU mulai menapak kariernya ketika pada tahun  1986 sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Di Departemen  Pertanian  Di Jakarta  sampai dengan tahun 2000. sambil bekerja dan melanjutkan pendidikan ke S2 di STIE IPWI di Jakarta Lulus Tahun 2000.Pada saat di Departemen Pertanian di tugaskan mengikikuti Diklat “ The Tecnology of Effective Microorganisme “  di Saburi Thailan dari tanggal 14 s/d 17 Agustus 1987,pengalaman jabatan dari tahun 1989 sampai dengan tahun 1999, sebagai pemeriksa pada IRBA Perikanan Wil I,    dilanjutkan dengan Diklat Fungsional Penjenjangan Auditor sebagai Ketua Tim ,tahun 2000 menjabat sebagai Auditor Ahli Muda,kemudian tahun 2001ditugaskan mengikuti Diklat Kembali  sebagai Penyidik dan Investigasi ,Kemudian ditugaskan kembali ke Kampung halaman Kota Kasongan sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Katingan dari 2002 sampai dengan 2009.Pada bulan Maret 2009 di lantik menjabat Assisten III dan terhitung  mulai 1 April 2009 ditugaskan sebagai Plt.Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan.
    Perjalanan karier birokrat CHRISTANTWO TATEL LADJU  kemudian mengantarnya sampai pada tugas ketika dilantik oleh Bupati Katingan  atas nama Gubernur Kalimantan Tengah sebagai Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan pada tanggal 19 Februari 2010 sampai dengan saat ini ..


Profile Wabup (H. SURYA, SH)

Nama : H. Surya, SH
wabup-thumbPutra kelahiran Tumbang Samba, 03 Maret 1959 ini menapak karirnya sebagai seorang PNS di Biro Hukum Pemerintah Kabupaten Barito Selatan pada tahun 1988 sampai dengan 1993. Namun dalam perkembangannya tahun 1995 ia menanggalkan status PNS dan menjadi seorang notaris hingga sekarang. Ia dilahirkan oleh keluarga sederhana yang selalu taat beribadah. Putra ketiga dari lima bersaudara anak H. Abdullah Kurdi bin Idris asal Tumbang Samba dan Ibu Hj. Bawiyah (Alm.) binti H. Inur asal Desa Mendawai.
    Masa kecil H. Surya dihabiskan di Desa Samba Kahayan hingga Sekolah Tingkat Pertama. Dia juga dikenal luwes dalam pergaulan. Karena sifatnya yang ramah dan sederhana H. Surya disenangi oleh teman-temannya.
Setelah menamatkan pendidikannya di SMP Negeri Tumbang Samba pada tahun 1976, ia kemudian melanjutkan pendidikan SMAnya di Sampit, Kotawaringin Timur. Berpisah jauh dari orang tuanya mengejar pendidikan di daerah lainnya tentu sangat sulit baginya.
    H. Surya meneruskan pendididikannya di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat banjarmasin. Selain menjalani rutinitas sebagai seorang mahasiswa, disini ia juga aktif mengikuti kegiatan-kegiatan kampus. Terakhir ia sempat menjadi Wakil Ketua I Senat Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat. Selepas lulus dari Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat banjarmasin, aktivis kampus ini selanjutnya diterima sebagai PNS di Kabupaten Barito Selatan.
    Sembari menekuni profesi sebagai PNS, H. Surya kemudian mendapatkan ijin belajar melanjutkan studinya di Universitas Airlangga Surabaya dan lulus pada tahun 1993. Selang beberapa tahun kemudian, ia memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan untuk melanjutkan karir sebagai notaris di Kotawaringin Barat. H. Surya juga tercatat sebagai Ketua Dewan Kehormatan INI ( Ikatan Notaris Indonesia) Kalimantan Tengah.
    Bermodalkan pengalaman dan wawasan yang dimilikinya, membuat ia sangat tertarik untuk ikut berperan serta dan mengabdi membangun tanah kelahirannya Kabupaten Katingan. Pembangunan Kabupaten Katingan dalam lima tahun ini sudah berada pada rel pembangunan yang benar. Pondasi pembangunan Kabupaten Katingan yang sejahtera bagi masyarakatnya telah dijalankan dengan baik.
    Bagi H. Surya pembangunan adalah sebuah proses yang dapat dicapai secara instant. Pemahaman konsep pembangunan yang sama dengan Drs. Duwel Rawing inilah yang kemudian membuat H. Surya memutuskan untuk menjadi Wakil Bupati Katingan mendampingi Drs. Duwel Rawing untuk mencapai visi dan misi pembangunan Kabupaten Katingan.
    Sebagai seorang muslim yang taat, suami dari Dra. Hj. Eka Murni Kamariati, MM serta ayah dari Dian Novita, Ronny Richardo dan M. Rafli Richardo ini percaya hanua kepada Sang Khaliqlah tempat kita mengabdi dan berserah diri. Kepada-Nya pula segala daya dan upaya disandarkan demi mencapai yang kiota cita-citakan yaitu Kabupaten Katingan yang maju dan mandiri berlandaskan Iman dan Taqwa serta menjunjung tinggi harkat dan martabat melalui Huma Betang.


Peta Kawasan Kota Kasongan



Peta Potensi Sumber Daya Alam

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perkebunan

Komoditi utama yang telah dikembangkan dan telah mengarah kepada kegiatan usaha agribisnis oleh petani perkebunan dan PBS yaitu kelapa sawit, karet dan kelapa. Adapun luas komoditi perkebunan Kabupaten Katingan sebesar 218.693 Ha, meliputi komoditi dominan adalah : Kelapa Sawit seluas 180.789 Ha, Karet 34.682 ha, Kelapa seluas 3.319 Ha, dan komoditi lainnya 3.215 Ha.

Realisasi komoditi perkebunan besar swasta (PBS) tahun 2008
No. Komoditas Luas areal (ha) Produktivitas (kg/ha) Produksi (ton)
1 Kelapa Sawit 280.704 723.33 8.68
2 Karet 42.790 - -
Realisasi komoditi perkebunan rakyat tahun 2008
No. Jenis komoditi perkebunan Luas areal (ha) Produktivitas (kg/ha) Produksi (ton)
1 Kelapa Sawit 107 500 53.05
2 Karet 15.419 400 6.168
3 Kelapa 30 970 29.00
4 Kopi 34 547 18.06

PeLuang Investasi
  1. Perkebunan KeLapa sawit terutama di Kec. Katingan Tengah dan Kec. Sanaman Mantikei dan PuLau Malan
  2. Perkebunan Karet terutama di Kec. Katingan Tengah, Kec. Pulau MaLan, Kec. Katingan huLu dan Kec. Tewang Sanggalang Oaring
  3. Perkebunan keLapa potensiaL di Kecamatan Katingan KuaLa
Data Perkebuinan Besar Swasta (PBS) di Kabupaten Katingan Tahun 200X
No. Nama Perusahaan Lokasi Kecamatan Luas Lahan
(Ha)
Jenin Komoditi Produkni
CPO TBS
1 T Bisma Dharma Kencana wg S. Oaring 8500 Kelapa Sawit 74500 42712.560
2 T Bumi Hutan Lestari atingan Tengah 10926 Kelapa Sawit 131876 138.593
3 T Karya Dewi Putra atingan Tengah 2218 Kelapa Sawit
7 173,6
4 T Kereng Pangi Perdana ulau Malan dan Katingan Tengah 13500 Kelapa Sawit

5 T. Hampalit Jaya Katingan HiIr 8.000 Kelapa Sawit

6 T. Katingan Hijau Lestari anaman Mantikei 10.000 Kelapa Sawit

7 T Tinma Perdana Mandiri anaman Mantikei 5000 Kelapa Sawit

8 T. Pahang Mitra Sniaran wg. S. Oaring dan Katingan Hihr 25.000 Kelapa Sawit

9 T Ruta Zona Lenten ulau Malan dan Twg S Oaring 20000 Kelapa Sawit

10 T Katingan Mitra Snjati atingan Tnngah 18000 Knlapa Sawit

11 ‘T. Arjuna UtamaSawit Kamipang 11.250 KelapaSawit

12 T. Ramba Raya Citra anaman Mantikei 4.000 Kelapa Sawit

13 T. Katingan Maknar Perkana Katingan Tengah dan S. Mantikei 7.890 Kelapa Sawit

14 T. Beffy Lentani Makmur Mendawai 3.000 Kelapa Sawit

15 T. Andalan Borneo Abadi atingan Tnngah dan S. Mantikni 10.000 Kelapa Sawit

16 T. Mendawai lnndawai 14.000 Knlapa Sawit

17 ‘T. Mcdi Sawit Perdana Mendawai 17.000 Kelapa Sawit

18 T. Tanaman Sumber Sejahtera Pulau Malan 30.000 Kelapa Sawit

19 T. Katingan Sawit Sentona wg. S. Oaring dan Katingan Hilir 13.500 Kelapa Sawit

20 T Sarana Sawit Sabar Pulau Malan 13000 Kelapa Sawit

21 T. Mitra Jaya Cemnrbng ulau Malan dan Katingan Tengab 15.000 Kelapa Sawit

22 ‘T. Prima Unaha Saknnn ulau Malan 10.000 Knlapa Sawit

23 ‘T. Mantikni Batarung anaman Mantikei 7.900 Kelapa Sawit

T T. Harapan Subur Lestari anik Payawan den Katingan Hilir 15.825 Kelapa Sawit

25 T Putra Katingan Pratama atingan Tengah 12500 Karet

26 T Citra Sementa Lnntari annman Mantikni 11500 Karet

Komoditi Knlapa Sawit (Ha)
274.779

Komoditi Karat (Ha)
42.790

TOTAL
317.569

Sumbar: Dinas Pertanian Kabupaten Katingan

perkebunan katingan


                                            
perkebunan katingan (1) perkebunan katingan (2) perkebunan katingan (3)
Sumber:http://www.katingankab.go.id/selayang-pandang/pengembangan-produk/perkebunan.html
bupati-ok








































































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, masukan yang sifatnya membangun blog ini.

Cari Blog Ini